PELAKU EKONOMI
Usaha Mikro Kecil Menengah
SALON TARI
Di
KOTA BEKASI
DI SUSUN OLEH
NAMA : MARCHELA IRDANI
NPM : 30208767
KELAS : 2DD 04
UNIVERSITAS GUNADARMA
Jl. Kh. Nur Ali, Kalimalang
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan Kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyusun dan menyelesaikan Tugas Makalah Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.
Saya menyadari bahwa penyusunan Makalah ini tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan. Semua ini karena keterbatasan kemampuan saya dalam pembuatan Makalah ini baik matri, teknis, maupun pembahasan.
Atas selesainya Makalah ini, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materil. Semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya kepada pihak yang telah membarikan data. Apabila ada kesalahan dalam penulisan saya selaku penulis memohon maaf karena saya masih dalam tahap pembelajaran dan saya juga mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun. Akhir kata saya mengucapkan terima kasih.
Bekasi, 12 November 2009
Penulis
DAFTAR ISI
JUDUL................................................................................................
KATA PENGANTAR.........................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang....................................................
1.2 Tujuan...................................................................
BAB II ASPEK PERUSAHAAN JAS
2.1 Aspek Kelembagaan..............................................
2.2 Aspek Usaha..........................................................
2.3 Aspek Keuangan...................................................
BAB III TEMUAN
3.1 Faktor Keterlaksanaan..........................................
3.2 Manfaat yang dirasakan........................................
3.3 Pengembangan.......................................................
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan...........................................................
4.2 Saran.....................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.Latar Belakang
Keberhasilan sebuah Usaha Mikro Kecil Dan Menengah dapat diukur dari keuntungan yang diperoleh pada akhir periode, untuk itu dibutuh kan pembukuuan yang dapat menggambarkan kondisi keuangan suatu usaha. Sehingga diperlukan suatu sistem akuntansi yang menghasilkan informasi keuangan yang dapat membantu pemilik usaha dalam mengambil keputusan lebih lanjut.
Salah satu cara dan upaya untuk membantu para Pengusaha Mikro Kecil Dan Menengah dalam menjalankan usahanya dengan cara membuat laporan keuangan pada setiap periodenya, maka dibuatlah makalah ini untuk membantu para pengusaha yang belum mengerti akan pentingnya laporan keuangan dalam suatu usaha.
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatan usahanya menyediakan berbagai pelayanan jasa yang diperlukan. Untuk itu , penulis memilih judul “PELAKU EKONOMI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA SALON TARI DI BEKASI”.
1.2 Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. sebagai alat pembantu para pengusaha kecil yang masih belum mengerti cara pembuatan Laporan Keuangan dalam usaha yang dijalankannya.
2. sebagai cerminan para pengusaha dalam mengambil keputusan karena dapat mengetahui LABA
3. sebagai bahan pengalaman dan pengetahuan tentang penerapa siklus akuntansi bagi penlis sendiri
4. sebagai cara saya selaku mahasiswa untuk merealisasikan ilmu yang saya dapat dari UNIVERSITAS GUNADARMA.
BAB II
ASPEK PERUSAHAAN JASA
2.1 Aspek Kelembagaan
Informasi Umum Perusahaan
Usaha Kecil Dan Menengah pada Salon Tari merupakan usaha jasa yang didirikan oleh Ibu Tari pada tahun 2004 di daerah Bekasi timur. Usaha ini adalah usaha perseorangan dan tujuan usaha ini didirikan sama seperti usaha lainnya yaitu untuk mendapatkan keuntungan dalam setiap periode waktu usaha terlebih lagi usaha ini buka pada setiap harinya dari senin s/d minggu. Pemilik usaha yang sekaligus pendiri sangat berminat pada bidang ini dan berkeinginan untuk mengembangkan usahanya ini setelah pemilik melihat dan mengamati perkembangan yang positif seiring waktutentunya dengan kualitas pelayanan yang jauh lebih baik apalagi Salon Tari adalah usaha jasa yang menjadi penjualannya itu adalah jasa.
Deskripsi Umum Usaha
Nama dan Alamat Perusahaan :
~Nama Perusahaan : Usaha Jasa Salon Tari
~Alamat Perusahaan : Jl. Anggrek raya no.1
Nama dan Alamat Pemilik :
~ Pemilik usaha : Tari
~Alamat : Jl. Anggrek raya no. 1
Bentuk Perusahaan :
Usaha Jasa Salon Tari adalah bentuk usaha perseorangan yang dijalankan oleh 1 pemilik saja dengan modal pribadi yang dimiliki pemilik saat pendirian usaha.
Bidang Usaha :
Usaha ini bergerak di bidang pelayana jasa yang menjadi daya jual yang utama.
Kebutuhan Tenaga Kerja :
Untuk kebutuhan tenaga kerja 4 orang dalam 1 hari kerja. Termasuk pemilik yang menjadi pekerjanya.
2.2 Aspek Usaha Dan Rencana Pemasaran
2.2.1 Aspek usaha
Aspek usaha yang di pilih oleh pemilik Salon adalah letak lokasi usaha yang strategis terletak di jalan yang mudah untuk diakses dan ruang lingkup lingkungan usaha adalah kalangan menengah ke bawah. Tentunya juga diringi harga yang masih dalam jangkauan masyarakat umum. Dengan begitu diharapkan bisa dapat memberikan peluang besar untuk perkembangan usaha yang dirintis sejak tahun 2004 lalu. Sebagai pengusaha dalam bidang jasa pemilik optimis untuk menjalankan usahanya terlebih barang-barang yang menjadi bahan baku dalam usahanya adalah bahan baku yang tidak mudah basi atau rusak untuk jangka waktu lama.
2.22 Rencana Pemasaran
Strategi pemasarannya memang dalam hal ini pemilik usaha masih belum terlalu di tekankan, di karenakan tidak ada cukup dana akan tetapi untuk promosinya pemilik hanya menggunakan spanduk yang dipajang di lokasi usahanya. Selain itu promosi yang dilakukan oleh pemilik usaha adalah cara yang sederhana yaitu dengan cara MLM ( mulut lewat mulut) dan sebatas kepercayan juga kepuasan pelanggan karena dalam perusahaan jasa hal utama itulah yang diperlukan untuk terus maju dan bartahan dalam perkembangan bisnis.
Hasil analisis pasar yang telah dilakukan oleh pengusaha dengan merangkul konsumen yang ada disekitar daerah tersebut. Pengusaha jasa Salon ini juga menerima pemesanan rias salon untuk barbagai acara misalkan acara resepsi pernikahan ataupun acara lain yang dapat memakai jasanya untuk datang kerumah konsumen itu sendiri, dan diharapkan untuk dapat membarikan peluang untuk berkembang serta mengembangkan usahanya. Bila dilihat dari situasi persaingan sangat banyak kemungkinan-kemungkinan yang ada untuk perusahaan gulung tikar terlebih usaha ini adalah usaha jasa yang bila kepercayaan yang ada sudah hilang maka konsumen tidak akan kembali lagi, namun sebagai seorang pengusaha yang harus tetap berjuang dan pantang mundur menghadapi perkembangan jaman maka pemilik usaha menjadikan hal ini bukan sebagi resiko tetapi sebagai tantangan dalam menghadapinya.
2.3 Aspek Keuangan
Sebagai penulis yang ingin mengetahui besarnya keuntungan yang diperoleh dari usaha jasa salon yang telah lama berdiri berikut perhitungan data akuntansi sederhana yang dapat dibuat oleh para pengusaha mikro kecil dan menengah dalam menganalisis data- data yang ada dalam setiap periodenya seperti Laporan keuangan yang di dalamnya terdapat perhitungan Laba Rugi, Laporan perubahan ekuitas, Neraca. Seperti perhitungan di bawah ini dapat diketahui besarnya Laba yang diperoleh selama periode akuntansi oleh Salon Tari.
Tahap-tahap pengerjaan :
1.Pengumpulan setiap dokumen yang akan menjadi sumber data transaksi dalam satu periode.
2.Mengklasifikasikan dokumen menurut kelompok atau urutan tanggal transaksinya.
3.Mencatat setiap transaksi ke dalam jurnal umum. Pencatatan ini dapat dilakukan sebelum posting kebuku besar untuk menghindari atau memperkecil terjadinya kesalahan sebelum transaksi tersebut dicatat ke dalam buku besar.
4.Mempostingnya ke dalam buku besar
Buku Besar adalah kumpulan akun-akun yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal umum lalu diposting ke dalam buku besar sesuai debit kreditnya.
5.Mencatat jurnal penyesuaian
Jurnal penyesuaian merupakan buku/ dartar yang digunakan untuk mencatan akun-akun yang ada di dalam buku besar yang masih perlu disesuaikan dalam neraca saldo agar menunjukan saldo yang sebenarnya pada akhir periode.
6.Menyusun Neraca Lajur
Neraca Lajur atau Kertas Kerja adalah suatu daftar yang terbagi menjadi beberapa kolom-kolom yaitu :
a. Neraca saldo
b. Ayat jurnal penyesuaian
c. Neraca saldo setelah disesuaikan
d. Ikhtisar laba-rugi
e. Neraca
Kertas kerja berfungsi untuk menyotir saldo perkiraan-perkiraan yang telah disesuaikan, sehingga dapat dengan mudah menentukan akun-akun yang ada.
7.Menyusun Laporan Keuangan
Terdiri dari Laba/Rugi, Laporan perubahan ekuitas dan Neraca.
a. Laporan Laba rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai keuangan atau kerugian dalam suatu usaha dalam periode tertentu.
b. Laporan Perubahan Ekuitas adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal suatu usaha yang terjadi pada suatu periode waktu.
c. Neraca adalah Laporan Keuangan yang disusun secara sistematis yang menggambarkan posisi keuangan suatu usaha pada periode tertentu yang terdiri dari aktiva, kewajiban, dan ekuitas.
8.Menyusun Jurnal Penutup
Jurnal penutup adalah jurnal yang digunakan untuk menutup akun beban, pendapatan dan modal, dengan cara sebagai berikut:
- Pindahkan saldo aku pendapatan ke akun ikhtisar Laba rugi dengan mendebit akun pendapatan sebesar saldonya dan mengkredit akun ikhtisar laba rugi
- Pindahkan saldo akun beban ke akun ikhtisar laba rugi dengan mendebit akun ikhtisar laba rugi dan mengkredit akun beban sebesar saldonya.
- Pindahkan saldo akun laba rugi ke akun modal.
9.Menyusun Neraca saldo setelah penutupan
akun-akun yang terdapat dalam neraca saldo setelah penutupan berasal dari akun buku besar yang telah diposting sesuai debit kreditnya.
Hasil yang dicapai
Hasil yang dicapai saat pengerjaan laporan keuangan “salon tari” adalah sebagai berikut:
1. Laporan Laba Rugi
Hasil yang dicapai saat pengerjaan Laporan keuangan pada “ Salon Tari” mengalami keuntungan / Laba, Laba ini diperoleh dari pendapatan bersih setelah dikurangi biaya-biaya sebesar Rp. 1.050.000
2. Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan Perubahan Ekuitas per 31 Oktober 2009 diterima oleh Salon Tari
sebesar Rp.21.050.000
3. Neraca
Dalam usaha jasa Salon Tari, hasil yang dicapai dalam neraca bentuk scontro yang telah dibuat sebesar Rp. 21.270.000
Dengan data dan perhitungannya sebagai berikut ini selama bulan oktober periode :
Keterangan
Jumlah
Kas
Perlengkapan
Pendapatan
Modal Tari
Peralatan
Akum.peny. Peralatan
Hutang
Biaya Listrik
Biaya Air
Biaya Gaji
Biaya Perlengkapan
Biaya Sewa
Biaya Peny. Peralatan
Rp. 1.370.000
Rp. 6.000.000
Rp. 3.000.000
Rp 21.050.000
Rp.14.000.000
Rp. 100.000
Rp. 220.000
Rp. 150.000
Rp. 100.000
Rp. 1.000.000
Rp. 200.000
Rp. 400.000
Rp. 100.000
LABA RUGI
SALON TARI
31 OKTOBER 2009
Pendapatan :
Pendapatan jasa Rp. 3.000.000
Biaya – biaya :
Biaya Listrik Rp. 150.000
Biaya Air Rp. 100.000
Biaya Gaji Rp. 1.000.000
Biaya Perlengkapan Rp. 200.000
Biaya Sewa Rp. 400.000
Biaya Peny. Peralatan Rp. 100.000
___________+
Rp. 1.950.000
____________-
Laba Bersih Rp. 1.050.000
LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS
SALON TARI
31 OKTOBER 2009
Modal Ny.Tari Rp. 20.000.000
Laba Bersih Rp. 1.050.000
_____________+
Modal akhir Rp 21.050.000
NERACA
SALON TARI
31 OKTOBER 2009
AKTIVA :
Aktiva lancar
Kas Rp. 1.370.000
Perlengkapan Rp. 6.000.000
___________+
Rp. 7.370.000
Aktiva tetap
Peralatan Rp. 14.000.000
Akm.Peny.Peralatan (Rp. 100.000)
____________
Rp.13.900.000
___________+
Jumlah Aktiva Rp. 21.270.000
PASIVA :
Kewajiban
Hutang Rp. 220.000
Ekuitas
Modal Ny.Tari Rp. 21.050.000
____________+
Jumlah Pasiva Rp. 21.270.000
BAB III
TEMUAN
3.Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
Faktor Pendukung
1. Pemilik Salon yang telah memberikan data untuk membantu penulis dalam membuat Makalah
2. Dosen yang telah memberikan bimbingan singkat
3. Kedua orang tua yang telah mendukung hingga Makalah ini dapat benar-benar selesai
4. Sumber-Sumber untuk membuat konsep terlebih dahulu
5. Teman dan para sahabat yang mendukung
Faktor Penghambat
1. Waktu yang disediakan untuk penulis ini relatif singkat dan keterbatasan materi, sehingga mempersulit penulis dalam mencari data dari berbagai sumber-sumber penting yang dapat membantu penulis.
2. Kurangnya referensi atau sumber-sumber lain yang dapat memperluas wacana penulis
3. Bukti-bukti transaksi keuangan yang ada pada Salon Tari sulit untuk di dapatkan karena banyak dari mereka yang tidak mengarsipkan.
4. Sulit mendapat dari para pemilik usaha, karrena tidak ada surat izin yang resmi.
3.2 Manfaat yang dirasakan
3..2.1 Manfaat bagi Mahasiswa
1. Dapat membantu dan menmbah pengetahuan mahasiswa dala penerapan siklus akuntansi yang baik dan benar.
2. Dapat mengetahui cara penerapan pengerjaan laporan keuang berdasarkan siklus akuntansi seperti yang telah diajrkan oleh Bapak / Ibu dosenUNIVERSITAS GUNADARMA
3.2.2 Manfaat bagi Perusahaan / Masyarakat Umum
Dengan dibuatnya hasil Laporan Keuangan dan diberikan kepada perusahaan yang memberikan data, penulis barharap perusahaan dapat dengan mudah memperoleh informasi dan membuatnya sendiri pada waktu yang akan datang tentang proses pengerjaan akuntansi sehingga perusahan dapat mengetahui bagaimana cara melakukan pembukuan secara tepat dan benar.
3.2.3 Pengembangan / Tindak Lanjut
Besar harapan saya sebagai penulis agar semua pengusaha mikro kecil dan menengah dapat mengerti pentingnya Laporan Keuangan dan menerapkannya dalam setiap periode waktu karena dapat membantu pengusaha dalam mengambil keputusan yang terbaik apabila seorang pemilik mengetahui kondisi keuangan sebuah usaha sedang tidak dalam kondisi baik.
BAB IV
PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah atas Rahmat Allah SWT penulis dapat menyelesaikan Makalah ini. Hasil Laporan in sangat berguna dan bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan menambah pengetahuan.
4.1 Kesimpulan
Setelah penulis menyelesaikan tugas makalah ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa :
1.Salon Tari sebagai pihak yang memberikan data adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa
2.Pada perhitungan Laporan Keuangan menghasilkan laba
3.Salon Tari dapat menerapkan standar Siklus Akuntansi yang sederhana.
4.2 Saran-saran
4.2.1 Untuk Pihak Kampus dan Dosen
1. Untuk memberikan tenggang waktu yang cukup
2. Surat izin yang resmi diperlukan untuk survey ke pelaku ekonomi
4.2.2 Untuk Pihak Pelaku Ekonomi
1. Apabila ada mahasiswa / i yang ingin mengajukan observasi sebagai tugas dan tidak memiliki surat resmi mohon dimengerti.
2. Bukti-bukti transaksi yang terjadi diharapkan untuk dapat diarsipkan agar dapat membantu dalam proses pengerjaan Laporan Keuangan pada setiap akhir periode.
0 komentar:
Posting Komentar